POTENSI PANGAN LOKAL DESA SURANADI

       

POTENSI PANGAN LOKAL DESA SURANADI




    Potensi lokal adalah kekayaan alam, budaya, dan sumber daya manusia pada suatu daerah. Potensi alam di suatu daerah bergantung pada kondisi geografis, iklim, dan bentang alam daerah tersebut. Kondisi alam yang berbeda tersebut menyebabkan perbedaan dan ciri khas potensi lokal setiap wilayah. Kekhasan bentang alam, perilaku dan budaya masyarakat setempat, dan kesejahteraan masyarakat membentuk segitiga interaksi yang saling berkaitan. Oleh karena itu, pembangunan dan pengembangan potensi lokal suatu daerah harus memperhatikan ketiga unsur tersebut. 

    Desa Suranadi merupakan salah satu desa yang memiliki potensi dalam pengembangan potensi dalam pengembangan usaha pertanian dan perkebunan secara maksimal karena daerah ini memiliki kondisi tanah yang cukup subur/baik dan dilalui beberapa aliran sungai yang produktif sehingga berpotensi pula untuk menghasilkan tanaman pertanian dan perkebunan yang layak dikonsumsi dan layak jual di pasaran. Keunggulan sumber daya alam ini menjadi potensi utama yang sangat bagus untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk Desa karena hampir 80% dari masyarakat Desa Suranadi bekerja di sektor perkebunan dan pertanian. Potensi tanaman perkebunan yang saat ini terdapat di Desa Suranadi yaitu Nangka, Durian, Rambutan, Manggis, Aren, dsb. 

    Dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat, Pemerintah Desa Suranadi mendorong masyarakat untuk memanfaatkan hasil perkebunan menjadi bahan baku pembuatan produk yang memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi. Salah satu Produk pangan yang dimanfaatkan sebagai bahan baku adalah buah nangka, sirsak dan pisang. Beberapa produk UMKM Desa Suranadi berbahan baku buah nangka, sirsak dan pisang yaitu dodol nangka, kripik nangka, dodol sirsak dan dodol pisang. 

1. Dodol Nangka Merupakan suatu olahan pangan yang dibuat dari campuran nangka yang diblender halus, tepung dan gula pasir kemudian didihkan hingga menjadi kental, berminyak, dan tidak lengket. Apabila didinginkan akan menjadi padat, kenyal dan dapat diiris. Dodol nangka memiliki rasa yang manis dengan aroma nangka yang kuat. 

2. Dodol Sirsak Dodol merupakan makanan semi basah yang memiliki tekstur plastis. Sirsak adalah atau disebut juga nangka belanda dan durian belanda adalah buah dari pohon bersama latin Annona muricata. Dodol srikaya atau sirsak dengan tekstur kenyal dan rasa yang lezat perpaduan manis dan asam yang segar untuk cemilan atau oleh-oleh untuk keluarga. 

3. Dodol Pisang Dodol adalah cemilan yang terbuat dari campuran santan kelapa ditambah adukan tepung ketan beradu dengan manisnya gula aren. Pisang adalah tanaman buah berupa herba yang berasal dari kawasan di Asia Tenggara (termasuk Indonesia). Dodok Pisang adalah makanan enak yang mempunyai rasa manis dan banyak disukai oleh semua orang. 

4. Tepung Biji Nangka Dapat digunakan sebagai bahan baku industri makanan atau sebagai bahan Makanan Campuran (BMC) pengganti tepung terigu, diantaranya sebagai bahan untuk membuat mie, kue, dan lain-lain. 

5. Kripik Buah Nangka Keripik buah nangka adalah makanan ringan yang dibuat dari daging buah asli nangka yang telah matang dikeringkan melalui sebuah proses sehingga menghasilkan daging buah nangka yang utuh dan kering
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Recent Posts